Writing is Healing

Manusia punya banyak sekali keinginan, melampaui kebutuhannya, ia akan bermimpi, membayangkan, berharap. Dan disinilah semua bermula. Sejak kecil saya suka curhat, pada buku dan diri sendiri, dan hal yang paling mudah adalah dengan menulis, karena saya sulit percaya pada orang lain. Serius. Dan blog adalah sarana termudah untuk mencatat semua itu.


1.     Planning.
Tulisan adalah sebuah bukti harapan dan cita-cita yang harus diwujudkan. Disinilah perencanaan itu terjadi. Mimpi-mimpi yang kita tuliskan adalah awal dari perencanaan hidup. Apa yang kita inginkan dilanjutkan dengan rencana dan tahapan apa yang harus kita lakukan, tahapan demi tahapan, evaluasi dan perbaikan juga semakin memantapkan pecapaian tujuan. 
Contoh kecil saya pernah bertekad 30 hari menulis semacam ini, dengan mempublikasikan di blog rencana ini semakin terealisasi, karena kan malu, udah dipost tapi ga dilakuin, sifat dasar manusia, masih punya rasa malu, haha. Seberapapun hasilnya, setidaknya sudah ada yang dilakukan dibanding cuma ingin ingin dan ingin. Atau kita bisa juga posting rencana diet, rencana keuangan, rencana masak dan lain sebagainya.


2.     Learning
Sekedar bercerita apa yang kita rasakan, kita hadapi, kita alami secara runut dan tertata membentuk pikiran kita lebih terstruktur. Cara kita bercerita memperlihatkan karakter dan kepribadian kita, kronologis, meledak-ledak, humoris penuh canda, simple atau mengalir begitu saja. Jika melihat awal-awal menulis blog, terlihat bagaimana karakter kita saat itu, alay, cari perhatian atau bahkan ada yang tidak berubah sampai saat ini. Menulis tema tertentu membuat kita banyak belajar terkait tema tersebut, atau memang sudah memahami menjadi semakin bertambah pengetahuan dan pemahaman kita. Saya sendiri belajar sembari menuliskannya, tidak tertulis di blog pun catatan-catatan kecil terkadang saya capture kemudian disimpan.


3.     Sharing
Dan dari cerita itu secara tidak langsung kita berbagi pengalaman, ide, inspirasi, tutorial, opini sampai pandangan politik. Ups. 
Reviu buku atau film akan sangat mempengaruhi pilihan pembaca, inspirasi menata rumah sampai pilihan pekerjaan membantu kita mengambil keputusan. Karena memang pada dasarnya manusia makhluk sosial yang butuh eksistensi dan pengakuan, jadi berbagi merupakan suatu hal yang membanggakan. Atau bahkan bisa juga mengkonfirmasi suatu hal, opini tertentu yang bisa dilihat dari berbagai perspektif, ibu rumah tangga atau ibu bekerja, susu formula atau ASI, wirausaha atau pegawai dan banyak hal menarik lain yang menjadi acuan orang-orang sedang galau hahaha.
Yah, bagi saya menulis blog adalah mengeluarkan beban pikiran, mencurahkan isi hati dan mengurangi stress. Menulis menyembuhkan kegalauan, menyembuhkan segala keingintahuan dan menyembuhkan kesendirian. Eh.

Happy Blogging!

No comments:

Post a Comment