In #30hariMenulis bloggerperempuannetwork Inspirasi

Medsos dan Harga Diri Kita


The Internet has not just open-sourced information, it has also open-sourced insecurities, self-doubted and shame.
-Mark Manson-

Saat ini media sosial menjadi sumber informasi, menjadi sebuah sarana aktualisasi, atau bahkan satu-satunya referensi yang dianggap paling aktual dan terpercaya. Bermunculan para influencer yang membalikkan dunia marketing kita. Berbagai endorse produk merajai pasar online, mengalahkan iklan konservatif di televisi, youtuber jadi cita-cita, instagram jadi kiblat hidup utama.


Berbeda dengan zaman facebook terdahulu, yang menjadi ajang curhat sampai caci maki, kini instagram jadi trendsetter gaya hidup masa kini dengan wujud yang sedikit berbeda. Lebih mudah kita jumpai kehidupan para seleb di instagram dibanding medsos lain, update setiap detiknya, dan bermunculan selebgram-selebgram yang emang melejit karena instagram.
penataan feed instagram
Semua orang berlomba update instastory lagi liburan, ngopi cantik di kafe keren, feed paling rapih (ini rada penting ga penting, mempercantik feed postingan menurut warna dsb, gak ngerti juga saya). Bermunculan budaya baru dari medsos seperti bride shower, baby shower, pre wed, post-weddan anekachallengesampai akun-akun gossip berlomba paling update. Herannya followersnya itu ribuan bahkan jutaan, asli ga ngerti lagi deh.


Tapi sedih juga kalo liat netizen saling hujat dan saling menghakimi lewat sosial media. Sebuah status seseorang bisa menghancurkan karir dan hidup seseorang dalam sekejap, begitu dahsyatnya social media effectini. Semua orang merasa berhak mengkomentari dan menjustifikasi personality seseorang lewat sosmed. Bayangkan dari hanya beberapa karaktertweet, seseorang bisa dikatakan anti-Islam atau gak pro rakyat, atau bahkan pro orde baru. 
inspirasi healthy food
Tapi meski demikian, segi positifnya saya akui banyak dapat berbagai ilmu dan info baru dari instagram, dari tips healthy food, fashion, home décor, life style, fotografi sampai travelling.Dan saya takjub melihat berbagai gelombang pengaruh karir dan life style yang semakin terspesialisasi. Lewat hashtag pencarian, dengan mudah kita bisa mendapat info berbagai akun tertentu, home décor misalnya, kita bisa dapat banyak banget informasi dan inspirasi dari berbagai belahan dunia. Bahkan untuk info journalling saya melihat banyak banget orang yang menekuni hal-hal semacam ini. Akun dengan feed cantik berbagai jurnal harian yang bikin meleleh lihatnya, kreatif abis. Atau doodling spesialis, yg unik dan keren, kagum karena mereka memperoleh penghasilan dari hal-hal yang tidak pernah kita bayangkan atau dianggap sepele. Bener-bener bisa lupa waktu kalau udah asyik menelusuri feed demi feed.

berbagai inspirasi journalling

Yah, semua kembali kepada pengguna, pintar-pintar mengelola dan memanfaatkan media sosial tersebut, terbawa arus atau sebagai sarana untuk meningkatkan produktivitas.
Salaam!



Related Articles

0 komentar:

Post a Comment

Instagram Shots

Instagram

Flickr Images

Popular Posts