In healthylife

Sehat Badan Sehat Kantong

Ngomongin hidup sehat seharusnya juga bisa dihubungkan dengan keuangan sehat. Iya dong, setuju kan? Haha.
Karena kalo dibayangin, hidup sehat itu ya jarang jajan, masak sendiri, makanan rumahan, olahraga rutin, de el el. Daan ternyata tidak selalu demikian saudara-saudara! Mungkin bagi kalian yang sudah berkeluarga teori ini bener, tapi buat yang masak sendirian kayak saya pengeluaran justru membengkak gara-gara pengen masak ini itu tapi kebanyakan dan plus ga selalu sempat masak setiap hari karena pulang malem mulu. Itu ingredients yang udah terlanjur kebeli buat seminggu sayang-sayang dong. Yaah mungkin sayanya yang kurang bisa memperkirakan karena kalap haha. Bisa gitu? ya anggap demikian, oke? Sip.
Karena pengalaman demikian, kemudian disesuaikan dengan resolusi keuangan sehat saya di 2019 maka akhirnya saya berusaha mensiasati dan menyusun strategi baru buat hidup sehat di 2019 ini. Jeng jeng jeng…


1.     Air minum
Saat beres-beres bon, struk belanja dan nota-nota lainya tahun kemarin sedikit shock. Kenapa? Saya menemukan banyak sekali struk alfamart or indomart dsb sodara-sodara. Dan ketika dilihat ternyata saya Cuma beli minum or roti or permen. Begitu banyak swalayan or warung kecil malah membuat kita males bawa bekel minum kemana-mana. Akibatnya? Banyak konsumsi sampah plastik dan tanpa disadari nambah pengeluaran gak penting. Jadi coba deh pake tumblr or botol sendiri buat bawa minum. Kalo pengen jajan es juga bisa pake tumblr kita sendiri kan? Cuma emang jadi sedikit males haha. Bagus juga buat ngerem pengeluaran plus kurangin sampah plastik.
Dan biasanya botol minum itu bikin berat tas dan buat ngentengin kita terpaksa banyak minum. Dan kebiasaan banyak minum bisa ngurangin selera jajan juga loh haha.

2.    Sarapan Buah
Konsumsi buah setiap hari penting buat pencernaan kita, dan beruntung banget buat kita yang tinggal di negara tropis dianugerahi dengan berbagai macam buah unik dan murah. Segernya nanas, manggis, duku, pisang, pepaya, jambu dan banyak lagi. Dan sebaik-baik konsumsi buah adalah di pagi hari saat perut kosong.
Kalau bosan, biasanya saya campur juga dengan yoghurt atau granola untuk variasi.


3.     Workout Plan
Berangkat kerja pagi-pagi seringkali jadi alasan buat males olahraga, yakan yakan? Saya juga haha. Padahal luangkan waktu sehari saja sekitar 15 menit buat ngeluarin keringat sangat bermanfaat. 


Saat ini sudah banyak aplikasi di smartphone or bahkan tutorial di youtube cara workout praktis buat kalian yang sibuk. Dan yang terpenting adalah planning  dan niat yang kuat gaes! Rencanakan dengan baik jam berapa kalian bisa dan kira-kira mampu melakukannya. Saya sarankan pagi-pagi setelah atau sebelum subuh. Kenapa? Karena kalau pulang kantor atau malam jiwa raga kalian sudah teramat lelah dan kemungkinan gagal amat besar. Percaya deh haha.

4.    Puasa
Sudah bukan hal baru lagi kalau puasa adalah cara sehat ala Nabi. Yang mudah dan murah. Dan OCD yang terkenal itu juga sebenarnya puasa juga kan. Mengistirahatkan pencernaan dalam selang waktu tertentu justru membuat enzym bermanfaat dalam tubuh kita bekerja. Karena kunci makanan yang kita konsumsi memberi manfaat bagi tubuh adalah enzym. Bisa dibaca lebih lanjut di bukunya Hiromi Shinya “Miracle of Enzyme” bagaimana pola makan kita bisa menyembuhkan atau justru menimbulkan penyakit.


5.     Less sugar
Pernah ga sih dibilangin pas lagi sakit trus ga selera makan supaya minum teh anget manis, buat tenaga gitu, padahal aroma teh alami bisa kita nikmati saat diminum tanpa gula. Berani coba? Berhubung harga gula semakin naik haha, maka konsumsi gula bisa kita siasati dengan konsumsi pemanis alami seperti madu atau buah. Coba juga konsumsi kopi atau alpukat tanpa gula.



Oke, siap untuk 2019 yang lebih sehat? Semangat!

Read More

Share Tweet Pin It +1

0 Comments

Instagram Shots

Instagram

Flickr Images

Popular Posts