Perjalanan Ke Negeri Siam (Part 3)

Sebelumnya mohon maaf kalo ceritanya kurang jelas, campur aduk dan sering lompat-lompat alurnya, hehe , maklum masih belajar nulis plus nulisnya juga nyolong-nyolong waktu sambil nyelesein kerjaan (yang gak akan pernah berakhir). Jadi nanti versi lengkap tentang reviu makanan, gimana ngatur waktu buat sholat, gimana saya, seorang muslim bisa berinteraksi dan apa aja ilmu yang didapat, akan saya post dalam tulisan yang berbeda. Karena tujuan saya nulis ini sebenernya untuk mengikat memori, dan banyak temen yang nanya gimana rasanya sebulan di Thailand, cerita dong, dll. Lalu terlalu banyak hal yang pengen saya ceritain tapi waktunya terbatas. Mau dibuat vlog kok ya gak pede haha, jadi untuk saat ini saya baru cerita seputar tempat yang dikunjungi dan jalan-jalannya aja dulu. 

Di Hua hin banyak banget tempat wisata yang menarik dikunjungi. Sebelum berangkat tentulah saya searching dulu mana saja tempat yang kira-kira bisa diagendain untuk didatengin. Salah satunya Santorini Park yang instagrammable banget itu. Dari awal dateng udah ngukur nih seberapa jauh, naik apa, berapa tiket masuk, dll. Tapi apalah daya, jadwal training padat dan gak tentu, dan akhirnya belum jadi ke sana karena gak ada temen kesana dan gak ada yang mau nganterin (ah, rindu gojek kalo gini, haha). sebenernya Cuma 30 menit naik mobil kesana, tapi udah manas-manasin temen-temen Thai biar ke sana bareng-bareng ko gak direspon juga, mau kesana sendiri kok ya garing. Kata Ployy, temen cewe yang biasa nyetir, Santorini itu di Cha Am, udah beda distrik, dan sepertinya doi males kalo kesana cuma semobil, ngajakin cowo-cowo juga ga ada yang respon, haha. Tebakan saya si kenapa mereka gak mau ke sana, pertama, mereka udah pernah kesana, dan  kedua, mungkin bagi mereka Santorini itu biasa aja, gak istimewa. Oke baiklah berarti next time saya emang harus ke Thailand lagi, Aamiin.
Oke lanjut lagi, cerita waktu jalan ke night market lainnya. Yaitu Tamarind night market dan Cicada night market. Dua night market ini sebenarnya sebelahan tempatnya, cuma kalo Cicada hanya buka pas weekend or sabtu minggu, Tamarind tiap hari buka, dan keduanya sama-sama rame.



Pertama, kalo di Cicada, pilihannya emang lebih beragam dan terlihat lebih eksklusif. Tempatnya lebih luas, ditata rapi, dan lebih mahal juga harganya. Disini juga selalu ada pertunjukan, karena emang ada panggungnya, seringnya si teater musikal gitu. Trus kalo mau makan, harus nukerin tiket dulu, gak bisa langsung bayar pake baht, tapi khusus buat Food Courtnya aja, dan tiketnya hanya bisa direfund di hari yang sama. 


Seafood masih mentah yang bikin mupeng
Mango Sticky Rice!

FYI pertama kali kesini langsung ngabisin 300 baht lebih cuma buat makan haha. Karena ngelihat seafood langsung ga tahan pengen nyoba. Jadilah beli oyster dan razor clam. Masing-masing seharga 150 baht. Pertama kali nyobain oyster, dan mentah, penasaran banget rasanya. Ternyata dicampur lemon sama saus cabe sama sekali gak amis. Enak. Trus razor clam atau kerang bambu, awalnya fine-fine aja, tapi lama-lama eneg karena kebanyakan, atau mungkin karena cuma dikasi sambal dan makan langsung gak pake nasi. Kirain si razor clam ini gak ada di indo, ternyata ada di Jawa Timur, namanya lorjuk, malah pake saus padang segala. Duh kayanya jauh lebih enak.


Oyster Segar
razor clams sudah dibakar dan siap makan
Ngelihat makanan lain, beda harganya jauh banget sama di Hua Hin night market (HHNM), kaya mango sticky rice di HHNM harganya 50 baht di Cicada bisa ampe 120 baht, takoyaki di HHNM cuma 80 baht di sini 150 baht, Thai Tea biasanya cuma 60 baht disini ampe 100 baht.



pernak-pernik lucu
suasana Cicada Night Market
Oke lanjut ke Tamarind, disini juga makanannya lebih murah, dan bisa langsung bayar pake cash. Saya nyobain scallop harga 100 baht, dan lumayan enak, ada juga Koti harga 60 baht, udah pake pisang dan nutella, kaya martabak gitu, yang jualan juga muslim. Kita makan bareng di depan panggung, trus bisa request lagu juga dan disini suasananya emang lebih enak buat ngumpul dan ngobrol. Dinner terakhir kita juga milih tempat disini.



Di Tamarind juga ada yang menjual oleh-oleh seperti kaos, hiasan kayu, baju, tapi memang pilihannya jauh lebih sedikit dibanding Cicada. Kedua Night market ini ditata dengan baik dan rapi, di Indo ada juga ga yang kaya gini? Biasanya saya cuma ke pasar malem yang ada komidi putarnya haha.

kue tradisional

gurita

Scallop 100 baht

saya mah minum air mineral ajah
ketemu milyuner Thailand, Tan Passakornnatee
Karena gagal ngebujuk ke Santorini, akhirnya malah diajak ke Chocolate Factory, tempat makan dengan menu aneka rupa dari coklat, tapi ada juga menu makanan lainnya. Gak ada yang istimewa si disini, kita icip coklat dikit, numpang foto-foto, trus lanjut ke Hua Hin Railway station


Numpang Foto di Chocolate Factory
Hua Hin Railway Station


Jadi stasiun ini emang jadi icon nya Hua Hin, bahkan meski ada bandara sendiri di Hua Hin, Raja kalo dateng kesini tetep pake kereta. Stasiunnya emang unik, masih mempertahankan arsitektur lama dari kayu khas bangunan Thailand. Pas ke sini lagi panas-panasnya, tapi masih rame juga wisatawan yang berkunjung hanya untuk foto-foto.









Besoknya setelah selesai kelas, diajakin ke Khao Hin Leak Fai Point View, tempat dimana kita bisa lihat seluruh Hua Hin dari atas bukit. Karena tempatnya gak jauh dari hotel, berangkat dari jam 4 sore juga masih kekejar gak kemaleman. Tempatnya mirip National Park, karena masih banyak hutan dan monyet yang berkeliaran. Ada tiga tempat point view yang bisa kita pilih, dan ketiganya kece-kece, Masya Allah, emang keren banget lihat pemandangan dari atas bukit. Laut, gunung, pemukiman semuanya kelihatan.



udaranya segar dan bersih banget






Pekan ke tiga dan ke empat kegiatan makin padat, tugas juga makin banyak. Salah satunya adalah survey Landuse di dua tempat; Hua Hin dan Pranburi, dan peserta pun dibagi jadi dua kelompok. Saya kebagian tempat di Hua Hin, lebih deket memang. Kalo ke Pranburi harus naik mobil sekitar setengah jam dan daerahnya lebih sepi.

Seharian kami turun ke lapangan untuk observasi dan mengidentifikasi penggunaaan lahan di masing-masing wilayah, menganalisis konflik yang mungkin terjadi dari penggunaan lahan tersebut. Karena butuh wawancara dengan penduduk lokal maka pembagian kelompok dicampur antara peserta Thai-Non-Thai. Disini kami untuk melakukan observasi dengan cara menelusuri pantai, gang demi gang, serta memastikan adanya konflik dengan berbincang dengan beberapa orang yang kami temui di jalan. Hua Hin merupakan daerah wisata yang sedang berkembang, maka beberapa konflik yang kami temui berkaitan dengan penggunaan lahan untuk daerah dengan penduduk setempat. Bermunculannya hotel, bar, tempat pijat, dan pertokoan menggeser tempat tinggal dan mata pencaharian mereka.


Hua Hin means 'Stone Head'
Ngobrol sama nelayan yang tinggal diantara resort dan hotel

beberapa bangunan asli yang masih bertahan
Coastal Team
Menyusuri gang demi gang

Salah satu konflik
Tugas selanjutnya setelah observasi lapang adalah kami diminta melakukan analisis penggunaan lahan beserta konflik kemudian merekomendasikan solusi dan kebijakan yang dibutuhkan untuk menangani hal tersebut. Dua hari penuh kami berdiskusi dan mempersiapkan presentasi akhir dengan sebaik-baiknya. 



makan dulu sebelum ke Goa
Di tengah kejenuhan mengerjakan tugas, teman-teman Thailand kembali mengajak berpetualang. Ke Goa. Bukan, bukan goa yang insiden 12 anak terjebak itu, beda, katanya meyakinkan kami. Haha, ya kali, itu kan jauh juga.  Cave adventure, katanya. Untuk terakhir kali, tampaknya mereka ingin meninggalkan kesan tak terlupakan pada peserta Non-Thai. 


Phraya Nakhon Cave, tempat yang akan kami kunjungi berada di Khao Sam Roi Yot National Park, sama dengan Khao Dang Canal yang sebelumnya pernah kami kunjungi, cuma letaknya sedikit jauh. Untuk sampai kesana harus naik kapal dulu karena gua berada di sisi pulau yang berbeda. Pantainya bersih dan memang masih sedikit wisatawan yang datang ke sana. Wisatawan yang bener-bener niat. Kenapa? Menuju goa hanya sekitar 500 meter jalan kaki. Katanya. Daaan bener si 500 meter tapi naik turun jalan berbatu yang dibuat seperti tangga. 



naik kapal dulu

Jadi inget reality show Korea yang suka naik-naik gunung itu. Masya Allah ngos-ngosan benerrr. Dua teman kami menyerah di tengah jalan. Ga kuat dan milih nunggu di tempat pemberhentian dengan tanda 200 meter. Memang disediain tempat duduk tanda sudah setengah jalan. Dan dari sini bisa lihat pemandangan Gulf of Thailand yang keren banget. Masya Allah.


Gulf of Thailand
naik terooosss
ngaso dulu setengah jalan
Oh iya jangan bawa tas berat-berat, bawa minum, trus pake sepatu olahraga yang nyaman. Alhamdulillah kemarin gak hujan jadi jalannya gak licin,meski harus tetep hati-hati dalam melangkah.
Saya nyaris nyerah juga, keringetan, ngos-ngosan untung gak sesek napas, tapi kok ya sayang kalo nyerah, udah sedikit lagi, akhirnya disemangati teman-teman lain berhasil juga sampai ke goanya. Ffiuuhh. Dan lucunya di jalan ketemu beberapa anak kecil dan mereka ga keliatan ngos-ngosan sama sekali padahal anak kecil itu jalan juga, dituntun ortunya tapi gak digendong, kan aneh. Haha.

Huft. Keabisan Minum
ngaso lagi
pengen nyerah rasanya
sedikit lagiii

Dalam Goa yang kita tuju terdapat sebuah paviliun kecil yang dibangun untuk Raja Rama V pada tahun 1890. Dan kemudian Raja Rama VI dan Raja Bhumibol pun pernah berkunjung ke sini. Jadi ngebayangin gimana raja-raja itu sampe ke sini yak? Ditandu? Diturunin pake helikopter? Apa pake pintu kemana saja? (ngaco, maap).

Finally!!!


Lemes
di depan King Pavillion
Waktu terbaik datang kesini memang disarankan pagi hari sebelum jam sebelas, saat cahaya matahari masuk menerobos lubang goa menjadi pemandangan yang menakjubkan. Sayangnya kami datang sore-sore, tapi tetep bagus kok haha.





Selesai foto-foto, pas diajakin balik, udah lemes duluan, huaaa inget naik turunnya itu loh, mana minum udah habis. Bismillah kuat kuat kuat. Dan emang sepertinya sugesti kalau jalan pulang itu terasa lebih cepet, pernah gak ngerasain? Haha. meski tetep naik turun rute yang sama, waktu balik emang kerasa lebih cepet, dan alhamdulillah sampai kembali ke titik start dengan selamat, dan langsung cepet-cepet nyari minum.


berasa Nami Island
Diburu waktu takut kemaleman kami langsung balik ke hotel, ganti baju bentar, sholat maghrib trus lanjut dinner di Tamarind MarketDinner terakhir bersama semua panitia, karena esoknya harus presentasi akhir dan lanjut closing ceremony.

last dinner with team
cumi bakar di Tamarind Market
Huhu gak kerasa waktu berlalu cepat sekali, udah sebulan aja di Hua Hin bareng-bareng. Waktu closing ceremony, saya dikasi tugas, ditunjuk paksa si tepatnya, jadi non-Thai representative untuk ngasih speech kesan pesan or ucapan terima kasih gitu. Berhubung wakil dari Thai Participants udah cowok, maka yang non-Thai harus cewek. Gender balance katanya (padahal yang jago ngomong yang bapak-bapak). Dan dari sembilan peserta non-Thai semua maksa saya yang maju. Haduh, akhirnya saya mau dengan syarat mereka semua ngasi ide apa aja yang mau disampein. Oke, deal. 



last foto session
Meski mereka udah ngasi ide tetep aja, ngerangkai semua pesen itu susyeh. Pas nulis draft saya sampe nangis beneran, karena nulis ucapan special thanks orang per orang, sambil ngebayangin kebersamaan selama sebulan ini. Prof. Wong yang super baik beserta special mango chickennya (beliau masak sendiri loh), Mrs. Pongsri yang super sabar dan udah kaya ibu buat semua peserta, panitia yang selalu direpotin, para pengajar dengan segala ilmu dan selalu ngingetin kita sama idealisme pengelolaan laut, dan para peserta Thai yang memperlakukan kita dengan sangat baik, semua saya sebutin. 


with Mrs. Pongsri Virapat yang super baik
Prof. Wong masak Special Mango Chicken
Eh pas hari H, seusai pemberian sertifikat, dan saya mulai ngomong, audiens malah pada tepuk tangan ketawa. Jadinya saya gak jadi terharu, malah ikutan ketawa. Really good speech katanya. Alhamdulillah.



terharu dipasangin pin alumni IOI

all participants with Prof. Wong
Thai Dancer
Thai Boxing yang super cool
Malamnya kami packing karena esok pagi sudah harus kembali pulang. Rombongan dibagi dua, pertama yang langsung ke Bandara Svarnabhumi dan kedua rombongan ke Bangkok untuk penerbangan esoknya lagi. Karena pesawat saya hari Ahad siang, jadi saya ikut rombongan ke Bangkok. Ternyata di rombongan Bangkok, berlima, saya cewek sendiri. Jjiaah. 


Bye...
Bangkok Team


Sampai hotel di Bangkok, sudah sore, setelah naruh barang kami langsung cuss jalan-jalan, nyobain BTS, sky trainnya Bangkok. Untungnya stasiun Phaya Thai ada di depan hotel persis, jadi kami tinggal jalan dan naik tangga sebentar. Dan stasiun ini ngelink juga ke Airport, jadi bisa naik kereta ke bandara. Celingak celinguk liat kanan kiri karena gak tahu akhirnya kami nyoba-nyoba aja, haha. Liat rute, liat harga tiket, akhirnya pencet-pencet depan mesin dapatlah single journey ticket menuju Siam. Habisnya bingung mau kemana, gak ada peserta Thai yang nemenin. Kami berlima, Grinson dari India, Dennis dari Filipina, Saroj dari Nepal, Tanvir dari Bangladesh, saya. 



Siam Center
 King everywhere
melipir ke MBK
masuk BTS musti ngantri yang rapi


Turun di stasiun Siam, langsung ketemu mall Siam Paragon, Siam Discovery, MBK Shopping centre, huaaa, waktunya kurang buat jalan-jalan. Karena ribet jalan sama bapak-bapak itu saya ijin misah jalan sendiri, biar lebih bebas eksplore kemana-mana, sekalian nyari oleh-oleh. Yang penting internet aman, kalo ada apa-apa, masih bisa buka maps n masih ada LINE group buat SOS haha. 


night market again
Ooopss!
Rencana awalnya saya pengen ke Grand Palace, tapi berhubung waktu mepet dan udah kesorean, jadi cuma jalan muter-muter, nekat banget si emang sendirian, apalagi ini pertama kalinya saya kesini, tapi sambil buka g-maps, ngeliat ini itu, nyampe jalan kaki ke Platinum Mall yang udah mau tutup, sayang banget cuma sebentar.
Besok paginya karena masih penasaran, saya jalan lagi ke Chatuchak Weekend Market, ngajakin si Dennis ga mau, ya udah sendirian. Naik BTS turun di Mo Chit, trus jalan lagi bentar. Ternyata sampe sana kepagian, haha, toko masih banyak yang tutup, jadi cuma beli dompet kecil-kecil trus langsung balik lagi, karena janjian sama Dennis berangkat ke Airport jam 10, jadi jam 9.30 harus udah di hotel lagi. Kita berdua naik taksi ke airport, bisa pesan Grab bayar sekitar 350 baht. Mau naik BTS ribet barang bawaan dan gak ngerti rutenya juga, daripada nyasar kita urunan pesen taksi.




Chatuchak!
bye, Dennis
Sampe bandara dan kita misah ke gate masing-masing, dan Garuda belum buka dong. Liat jam masih setengah sebelas, jadi muter-muter aja di bandara. Jam setengah dua belas udah ngantri panjaaang, dan loket untuk check in belum buka juga. Hiks. Berdiri hampir sejam buat ngantri akhirnya masuk imigrasi dan antrian lainnya, ngepas banget nyampe gate keberangkatan setengah dua. Ffiuhh. 
Gak sempet nyari makanan padahal perut udah laper. Alhamdulillah gak lama pesawat boarding dan dapet makan juga. Di pesawat malah nonton film Kartini nya Dian Sastro, dan mewek sampe mata bengkak, hiks...

Welcome back to Jakarta.
Welcome back to office.
Work. Work. Work. Again.

Comments

Popular Posts