In Korea me

Belajar dari Drama Korea

Hallooo semuanyaaa....
Akhirnya kita mulai ngomongin korea, haha. Meski saat ini saya sudah tidak se-menggebu dulu tentang dunia perkoreaan. Entah mungkin saya mulai bosan dengan drama karena ternyata saya mulai realistis menghadapi hidup,,tsaaahhh...
Descendants of The Sun (2016)

Korean Wave dimulai sekitar tahun 2000-an dengan munculnya serial drama Endless Love yang dibintangi Song Hye Kyo, Won Bin dan Song Seung Hoon. Kemudian lanjut Winter Sonata (2002) yang mengharu biru. Saya ikutan nonton semasa SMA kalo ga salah. Trus lanjut Dae Jang Geum (2004) dan Princess Hour (2006) dengan genre remaja saat saya kuliah. Saat ini saya belum terlalu maniak karena nonton pas tayang di televisi aja dan sibuk dengan aktivitas di kampus.
Absen beberapa tahun, lalu saya lanjut kuliah di Bogor tahun 2010, ketemulah saya dengan Mita. Dari anak inilah dimulai kembali babak perkoreaan, ketemu sama dek Lee Min Ho di City Hunter (2011) ceritanya seru dan menarik lumayan bisa jadi pelarian dari penatnya kerjaan dan tugas kuliah. Aseek.
City Hunter (2011)

Setelah pindah kos di tahun 2012 ke Alfarabi, ketemulah dengan dek Aditya Putri alias Uti yang mengenalkan sama variety show RUNNING MAN dan Super Junior sodara-sodara. Yup mulailah babak baru perkoreaan V-Show, semakin menggila hahaha (Eh jangan protes yaa). Dimulailah hari-hari rajin nongkrong di kampus demi donlot korea dan nonton stripping sampe subuh, wkwkwkk.
Okeh, itulah sekilas bagaimana saya mengenal dunia perkoreaan temans. Dua orang yang berperan adalah Mita dan Uti (yeaahh sorak soraii). Dan saat ini setelah saya berpisah dari keduanya, intensitas perkoreaan saya berkurang. Tapi di tempat kerja yang baru saya ketemu mbak Desi, yang doyan drama korea juga. Mulai lagi deh tiada hari tanpa donlot K-Drama. Ampuni hamba ya Allah...
Tahun 2017 saya mulai tobat lagi nihh. Udah kelewat banyak serial, terakhir nonton ya cuma Goblin itu, hehe. Oke baiklah kita sekarang mau ngomongin, apa sih serunya K-Drama sampe begitu banyak pecintanya di seluruh dunia? Saya bisa ngambil 7 hal yang bisa kita ambil pelajaran dari drama korea. Ini dia...
#1. Belajar tentang berjuang hidup
Beberapa drama korea yang berkisah tentang perjuangan adalah Master Of Study, mengisahkan seorang Pengacara yang berjuang membantu anak-anak bengal di sekolah untuk dapat lulus dan masuk universitas dengan nilai terbaik, ada juga Dream High tentang murid di sekolah musik dengan segala permasalahannya.

Master of Study

Punch tentang jaksa yang berjuang membersihkan nama baiknya dan disaat yang sama divonis terkena kanker otak dan hanya punya waktu 6 bulan, setipe ada juga Defendant berkisah tentang pengacara juga.
Punch

#2.Belajar tentang cinta dan jodoh
Ngomongin cinta di drama korea ga melulu dengan cerita cinta yang romantis bikin baper tapi ada juga menguras air mata dan ada juga yang lucu menggemaskan kayak Kirana, haha. Tapi dunia persinetronan kita bisa belajar dari drama korea, sehingga ceritanya lebih variatif dan menarik. Ga Cuma si kaya vs si miskin atau orang kota vs orang kampung.
Yang paling bikin baper adalah Descendants of the Sun , kisah percintaan antara dokter dan pasukan khusus korea yang bertemu di Uruk, Yunani, dan membuat mereka harus bekerja sama di daerah rawan konflik. Lalu ada 20 again, kisah ibu yang kembali lagi ke bangku kuliah di usianya yang sudah menginjak 38 tahun, bareng sama anaknya kuliah di universitas yang sama. Di saat itu juga dia bertemu cinta pertama yang jadi dosennya, dan suaminya yang mengajar di kampus yang sama malahan selingkuh sama rekan sesama dosen. Duhh yang namanya jodoh emang ga bisa ditebak.
20 Again

Dan yang menarik adalah rata-rata drama korea dengan rating tinggi Cuma tayang 1-20 episode. Meski banyak permintaan untuk dibuat sekuel dari para penggemarnya, tapi itu menunjukkan drama ga Cuma ngejar rating. Kalo di Indonesia mah udah nyampe 7 season kali.

#3. Belajar tentang keluarga dan persahabatan
Ada Reply 1988 dan Angry Mom drama yang berkisah tentang hubungan keluarga dan persahabatan. Bagaimana berharganya hubungan keluarga dan sahabat yang akan selalu mendukung dan membantu segala permasalahanmu. Alur cerita yang unik membuatmu penasaran untuk mengikuti setiap episodenya.
Reply 1988

Trus Weighlifting Fairy Kim Bok Joo, yang lucu dan keren karena menceritakan tentang perjuangan mahasiswa di sekolah olahraga, dengan peran utama seorang atlet wanita angkat besi. Jarang banget kan liat drama korea dengan tokoh yang ga feminim abiss, kostumnya pun sederhana, jumper or jaket gombrong.
Weightlifting Fairy Kim Bok Joo


#4.Belajar tentang sejarah dan budaya
Drama era sejarah dikemas dengan manarik dan tidak membosankan. Bagaimana politik , sejarah, juga cerita cinta digabung menjadi plot yang membuat penasaran penonton.Tanpa sadar keingintahuan kita terhadap sejarah muncul. Saat menonton Scarlet Heart Ryeo saya sampai searching era Kerajaan2 di Korea, haha. Dari masa dinasti Goryeo sampai Joseon, bagaimana kisah raja-rajanya. Seandainya sejarah di Indonesia dikemas dengan baik pasti akan lebih memperkaya wawasan keindonesiaan kita.
Scarlet Heart Ryeo

#5. Belajar tentang passion
Beberapa drama korea berkisah tentang beberapa profesi yang jarang kita ketahui secara mendalam, seperti Chef, dokter, polisi, jaksa, atau pun desainer. Bahkan dalam drama Misaeng mengisahkan seluk beluk dunia kerja di perkantoran yang penuh persaingan dan intrik. Ceritanya dikemas dengan serius dan menarik.
Misaeng

Good Doctor, Beautiful Mind, Doctor, Medical Top Team, dan Romantic Doctor Teacher Kim . Bagaimana operasi pembedahan jantung dilakukan, jadi kita sekaligus bisa belajar istilah-istilah asing dalam dunia kedokteran atau hukum.Bagaimana sang pemeran utama berjuang mempertahankan idealismenya atau bahkan pencarian jati dirinya.
Romantic Doctor Teacher Kim

#6. Belajar tentang  takdir
Drama korea Goblin menampilkan sejarah sekaligus perputaran waktu yang imajinatif, namun tetap mengesankan. Goblin berkisah tentang kematian dan takdir, menonton drama ini serasa menonton movie yang digarap secara total. Effect yang luar biasa, akting dan setting yang keren patut dicontoh.

Goblin

Drama lain yang seru adalah Signal. Berkisah tentang terhubungnya Detektif dan Profiler, atau analis data kriminalyang berkomunikasi via wallkie talkie dari masa lalu dan masa sekarang untuk memecahkan kasus kejahatan masa lalu dan uniknya bisa mengubah masa depan. Kalau dipikir emang ga masuk akal, tapi cara menyajikan dan akting pemainnya keren banget. Bikin deg-degan abiss. Recommended. Beberapa drama memang menyajikan kisah tentang time traveller gitu. Tapi ini yang paling keren menurutku.
Signal

#7Belajar tentang politik
Ada King Two Hearts , Queen Seon Duk dan Dong Yi drama seru berkisah tentang politik dan kekuasaan. King Two Hearts dikisahkan perseteruan antara Korea Utara dan Selatan diwarnai cerita cinta sang putra mahkota Korea Selatan dengan anak jenderal Korea Utara, sedangkan Dong Yi berlatar belakang Dinasti Joseon berkisah tentang perempuan cerdas dalam politik dan pemerintahan yang akhirnya menjadi selir raja dan putranya menjadi Raja Joseon ke 21 Raja Yeongjo.

Dong Yi

King 2 Hearts

Tulisan ini pernah dimuat di hipwee


Related Articles

0 komentar:

Post a Comment

Instagram Shots

Instagram

Flickr Images

Popular Posts